Hub.Allah&Hub.Manusia

Hubungan dgn Allah dan Hubungan dgn manusia

Khutbah Jum’at beberapa minggu yang lalu, saya mendapatkan ilmu ttg agama intinya adalah, bahwa kita di dunia ini tidak cukup hanya dgn ibadah yang bagus, dari Shalat, Puasa, Zakat, Membaca Al-Qur’an, dll. Tapi hubungan dgn manusia juga penting. Ada hadits yg disebutkan oleh khatib yg intinya orang2 yang rugi adalah ibadahnya bagus tapi hubungan sesama manusia kurang bahkan ada orang lain yg merasa terzalimi, merasa difitnah, dll olehnya.

Karena nantinya di pengadilan akhirat, Allah akan mengadili seseorang dari hubungan dgn-Nya dan hubungan dgn manusia. Andaikan orang yang akan diadili shalatnya bagus, puasanya bagus, zakatnya bagus, dll kemudian Allah akan menanyakan ke semua manusia, ada yang merasa dirugikan oleh orang ini? maka, jika ada… dosa orang yg dirugikan akan di alihkan ke orang yg diadili ini.

oleh karena itu, penting sekali kita untuk meminta maaf atau menerima maaf dari seseorang dan juga pentingnya bersilaturahmi, halal bi halal, bersosialisasi agar hubungan sesama manusia terjalin dengan baik.

CMIIW

Leave a Reply